5 Cara memperbaiki Kamera Laptop Yang Tidak Berfungsi

Cara memperbaiki Kamera Laptop Yang Tidak Berfungsi (peterkilfoyle.com) – Webcam menjadi salah satu alat yang paling penting di laptop. Banyak kegunaan dari webcam atau kamera laptop yang bisa membantu kegiatan sehari-hari salah satunya untuk melakukan WFH (Work From Home), hingga melakukan meeting dengan rekan kantor.

Namun terkadang ada hal yang tidak terduga terjadi, salah satunya kamera laptop mati ataupun tidak mau merekam video ataupun mengambil gambar foto.

Sebelum kamu membawa laptop tersebut ke tukang service laptop, ada baiknya mencoba beberapa alternatif ini yang mungkin saja bisa membantu agar webcam laptop menjadi normal dan berhasil nyala kembali.

Mengapa Kamera Laptop Saya tidak berfungsi ?

Seringkali, masalah pada webcam ada pada konfigurasi laptop yang salah, dan belum tentu masalah webcam itu terjadi karena kerusakan fisik.

Jika laptop terinjak ataupun terkena cairan air yang tumpah di keyboard, itu mungkin saja terjadi kerusakan hardware sehingga di sarankan menggunakan jasa service agar mengetahui kerusakan leibh lanjut.

Kamera yang tidak berfungsi belum tentu ada masalah pada webcam-nya. Kadang konfigurasi yang tidak benar dan juga beberapa komponen yang tidak suport dengan drive pada laptop.

Cobalah restart laptop beberapa kali dan biasanya kamera webcam tidak berfungsi karena crash pada aplikasi webcam, sehingga perlu di restart ulang.

Cara Memperbaiki Kamera Laptop Yang Tidak Berfungsi

Ada beberapa hal yang direkomendasikan untuk dicoba, hingga anda menemukan cara yang tepat dari beberapa percobaan yang akan di jabarkan.

Pada perangkat komputasi yang terhubung dengan webcam, buka aplikasi Pengaturan dengan cara apa pun yang Anda inginkan. Misalnya, klik tombol Start di sudut kiri bawah desktop Anda, di Taskbar dan buka menu utama Windows . Di panel vertikal kiri, klik tombol Pengaturan berbentuk roda gigi, dan buka aplikasi.

Anda juga dapat menggunakan tombol akses cepat dari Windows Action Center, menggunakan fungsi pencarian, Windows Explorer, atau menekan pintasan keyboard Windows + I dan segera membuka aplikasi Pengaturan .

Di jendela utama aplikasi Pengaturan , gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan pilih Privasi .

Di halaman baru, lihat panel sisi kiri, temukan dan pilih Kamera . Di sebelah kanan, Anda akan melihat semua pengaturan dan beberapa sakelar yang dapat Anda gunakan untuk menghidupkan atau mematikan kamera web baik untuk perangkat dan aplikasi tertentu. Jika Anda menonaktifkan webcam di sini, tidak ada aplikasi yang dapat menggunakannya.

Tampaknya pengaturan izin di bagian Privasi sebagian besar hanya akan memengaruhi aplikasi Windows 10 baru yang diinstal dari Microsoft Store , juga dikenal sebagai aplikasi UWP . Namun, pengaturan izin webcam ini memengaruhi semua aplikasi.

Jadi jika webcam tidak berfungsi, lihat panel sisi kanan untuk menemukan bagian Izinkan akses ke kamera di perangkat ini dan pastikan tertulis Akses kamera untuk perangkat ini aktif .

Jika akses webcam mati, klik Change dan di jendela pop-up baru, atur sakelar ke On .

Jika akses ke kamera ditolak, Windows 10 dan aplikasi yang diinstal tidak akan dapat menggunakannya – bahkan layanan sistem seperti Windows Hello (pengenalan wajah biometrik di Windows 10 , yang membuat Anda masuk ke perangkat tiga kali lebih cepat jika dibandingkan dengan metode tradisional yang dilindungi kata sandi). Setelah Anda mengaktifkan webcam, itu akan mulai bekerja dengan benar sekaligus.

Selain itu, pastikan bahwa bagian Izinkan aplikasi untuk mengakses kamera Anda juga memiliki sakelar di posisi Nyala . Jika sakelar dalam posisi Mati , tidak ada aplikasi di sistem Anda yang dapat mendeteksi atau menggunakan webcam Anda. Tetapi Windows akan dapat menggunakan webcam Anda untuk beberapa fungsi seperti Windows Hello .

Fungsionalitas bagian Izinkan aplikasi mengakses kamera Anda telah diubah dalam pembaruan Windows 10 April. Sebelumnya, itu hanya memengaruhi aplikasi dari Microsoft Store dan tidak memengaruhi kinerja aplikasi konvensional.

Di bagian selanjutnya, Pilih aplikasi mana yang dapat mengakses kamera Anda , pastikan aplikasi yang memerlukan akses ke webcam Anda tidak tercantum di sini. Jika ada di daftar ini, periksa posisi sakelar dan atur ke On , jika dinonaktifkan.

Harap dicatat bahwa aplikasi standar tidak ditampilkan di sini. Semua elemen dalam daftar ini adalah aplikasi Microsoft Store . Aplikasi sistem konvensional akan selalu dapat mengakses kamera Anda jika Anda mengaktifkan dua setelan ini: Izinkan akses ke kamera di perangkat ini dan Izinkan aplikasi mengakses kamera Anda .

Selama dua pengaturan izin ini aktif, Windows 10 tidak akan mengganggu penggunaan webcam Anda secara penuh. Namun, jika metode ini tidak menyelesaikan masalah Anda, lanjutkan ke bagian selanjutnya dari artikel ini untuk melihat apa lagi yang bisa dilakukan.

Cek Webcam Tidak Di Disable Pada Pengaturan

Selain itu, webcam dapat dinonaktifkan di Pengelola Perangkat . Jika Anda melakukannya, webcam tidak akan berfungsi dengan baik hingga Anda mengaktifkannya kembali. Jika webcam dinonaktifkan dengan cara ini, kembali ke Device Manager dan aktifkan kamera.

Ada beberapa cara untuk membuka Device Manager di Windows 10 . Misalnya, klik kanan pada tombol Start di sudut kiri bawah desktop, atau tekan urutan tombol Windows + X sebagai gantinya untuk membuka menu konteks, dan pilih Device Manager dari daftar.

Di jendela yang terbuka, temukan bagian Perangkat pencitraan , klik panah hitam untuk membuka daftar perangkat yang diinstal, klik kanan pada nama webcam untuk membuka menu konteks dan pilih Aktifkan perangkat .

Perintah akan segera dilakukan dan webcam akan menyala dan siap digunakan.

Install atau Perbarui Driver Webcam

Windows 10 menyertakan layanan khusus yang memantau kerja aplikasi dan perangkat yang terhubung dengan benar, yang mencoba menginstal driver secara otomatis setiap kali pengguna menghubungkan perangkat, dan ini biasanya cukup untuk memastikan bahwa itu berfungsi seperti yang diharapkan. Namun, terkadang penginstalan driver gagal dan perangkat mungkin tidak berfungsi dengan benar. Terkadang Anda mungkin harus mengunduh paket penginstalan driver baru dari situs web resmi produsen webcam, dan menginstal driver sendiri.

Sebelum itu, Anda dapat mencoba memperbarui driver kamera saat ini dengan Device Manager . Gunakan salah satu cara yang dijelaskan sebelumnya untuk membuka aplikasi, lalu klik kanan pada webcam dan pilih Perbarui Driver dari menu.

Jika ini tidak menyelesaikan masalah, kunjungi situs web produsen webcam dan unduh paket driver terbaru untuk memperbaruinya secara manual. Situs web tersebut juga harus memiliki saran pemecahan masalah untuk model webcam spesifik Anda.

Periksa Pengaturan Webcam di Aplikasi dan Pilih Perangkat yang Benar

Jadi, layanan Windows 10 tidak memblokir webcam, komputer Anda memiliki driver yang tepat untuk tit, dan koneksinya bagus. Kemudian, alasan mengapa webcam tidak dapat dideteksi oleh aplikasi tertentu mungkin karena pengaturan aplikasi yang salah.

Dalam hal ini, Anda mungkin harus mengonfigurasi pengaturan webcam di aplikasi yang mencoba menggunakan kamera. Langkah ini sangat penting jika Anda memiliki beberapa perangkat perekam video yang terhubung ke komputer Anda. Terkadang aplikasi yang menggunakan webcam dapat memilih perangkat yang salah secara otomatis.

Untuk memperbaiki masalah, buka aplikasi yang dimaksud, buka pengaturannya dan pilih webcam yang tepat. Misalnya, di Skype , aplikasi komunikasi video populer, lihat nama pengguna di sudut kiri atas layar utama, dan di sebelahnya, klik tombol Lainnya , dengan tiga titik horizontal di atasnya, untuk membuka menu dan pilih Pengaturan .

Di panel sisi kiri menu pengaturan, buka Audio & Video , dan pilih webcam dari daftar di sebelah kanan.

Jika webcam tidak ditampilkan di menu aplikasi, maka mungkin tidak mendukung model khusus ini. Misalnya, aplikasi yang diinstal dari Microsoft Store , juga dikenal sebagai aplikasi UWP , sebagian besar hanya mendukung model webcam baru.

Dengan demikian, Microsoft mengklaim bahwa webcam yang dirancang untuk bekerja dengan Windows 7 mungkin tidak berfungsi dengan aplikasi dari Store yang diinstal ke Windows 10 , Tetapi sebagian besar aplikasi masih mendukung model webcam yang lebih lama. Jadi, jika webcam tidak terdaftar sebagai tersedia untuk beberapa aplikasi tetapi muncul di pengaturan aplikasi lain, kemungkinan aplikasi tertentu tidak lagi mendukung model khusus ini, dan satu-satunya jalan keluar adalah dengan membeli model yang lebih baru.

Webcam Masih Tidak Berfungsi?

Jika Anda mencoba semua trik ini untuk memperbaiki masalah tetapi webcam Anda masih tidak berfungsi di salah satu aplikasi, kemungkinan besar itu baru saja rusak. Jika ini adalah webcam eksternal, coba sambungkan ke PC lain untuk memeriksa apakah dapat berfungsi dengannya.

Jika masalahnya ada di webcam itu sendiri, hubungi pusat layanan untuk memperbaikinya secara gratis jika masa garansi untuk laptop Anda (untuk webcam internal) atau webcam (jika Anda menggunakannya sebagai perangkat eksternal) belum kedaluwarsa belum.

Tinggalkan komentar